Informasi Seputar Contoh Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil, Contoh Peluang Bisnis Waralaba Terbaik Serta Tips dan Trik Sukses Menjadi Seorang Wirausaha.

Peluang Usaha Pertamini, Jualan Bensin Eceran Menjanjikan

Peluang Usaha Pertamini, Jualan Bensin Eceran Menjanjikan
Peluang Usaha Pertamini - Masih jualan bensin botolan yang tegolong ribet? Coba manfaatkan peluang usaha pertamini, sebuah penjualan bensin yang mirip kondisi asli di SPBU Pertamina. Usaha bensin pun akan lebih dipercaya konsumen mengingat pertamini adalah SPBU kecil yang akan hadir sebagai solusi cepat pengisi bahan bakar untuk kendaraan bermotor anda.

Dulu, banyak orang memimpikan bekerja di Pertamina, bagian isi bensin alias di SPBU pun bergaji besar. Katanya sih bergaji besar. Namun, sekarang, sepertinya impian bekerja di Pertamina tidak perlu terlalu serius diidam-idamkan kalau hanya bekerja sebagai pegawai pengisi bensin di SPBU. Karena sekarang sudah bisa membangun SPBU sendiri walaupun SPBU kecil.

Keuntungan membuka usaha pertamini dari pada jualan bensin botolan:
1. Lebih canggih peralatannya
2. Literan tepat
3. Lebih aman
4. Langsung  bisa isi ke motor/mobil dengan nozzle seperti di SPBU
5. Lengkap dengan neon box
6. Kapasitas drum penyimpanan bensin jauh lebih besar
7. Mudah dibawa dimana saja, bergantung kondisi pasar

Ke-7 keuntungan itulah yang membuat bisnis usaha pertamani dianggap terpercaya. Konsumen pasti akan memilih mengisi bensin lewat pertamini atau disebut SPBU kecil daripada membeli botolan. Di samping aman, juga bisa mengetahui jumlah liter bensin yang diisikan. Kalau beli bensin botolan, tidak menjamin bahwa 1 botol memang 1 liter.

Lalu bagaimana nasib penjual bensin yang mengandalkan botol? Sebenarnya membuka usaha bensin botolan menurut admin contohusahasampingan99 lebih diuntungkan dalam hal permodalan daripada pertamini. Menginat hanya mengandalkan botol sebagai tampungan bensinnya. Sedangkan pertamini membutuhkan alat yang memiliki harga yang tidak murah. Namun yang mungkin sedikit tidak diuntungkan ada di pihak konsumen, pembeli bensin, karena bisa berpotensi mengalami beberapa masalah seperti takaran kurang pas.

Namun, sekarang akan membahas peluang bisnis usaha pertamini. Tentunya, yang dibahas adalah bagaimana menjalankan dan menghasilkan keuntungan yang berlimpah dari membuka usaha pertamini.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Usaha Pertamini


1. Menarget Lokasi Jalan Raya

Jalan raya yang dimaksud adalah jalan yang sering dilalui kendaraan umum. Namun tidak mengharuskan jalan raya tetapi jalan yang sering dilalui kendaraan umum atau jalan menuju jalan raya. Biasanya, jalan seperti itulah yang selalu dilalui kendaraan bermotor, baik motor atau mobil, tanpa henti. Di jalan raya atau jalan sampingannya adalah tempat yang strategis untuk membuka peluang usaha pertamini.

Mengapa harus berada di jalan yang ramai lalu-lalang kendaraan umum? Karena untuk menarget para pengendara yang membutuhkan pengisian bensin walaupun bukan pelanggan. Kalau berjualan di tempat biasa, tidak ramai kendaraan umum, biasanya hanya mengandalkan pelanggan saja. Sedangkan untuk meraup keuntungan dari usaha pertamini membutuhkan jumlah pembelian yang banyak mengingat keuntungan yang diperoleh per penjualan cuma sedikit, sekitar 500-1000-an, menurut info yang kami dapatkan.

Membuka usaha pertamini di jalan raya pun masih ada pengecualian. Tidak semua jalur jalan raya cocok untuk membuka usaha ini. Tempat yang tepat adalah berada di area yang mudah di jangkau kendaraan serta terlihat oleh pengguna jalan. Biasanya berada di perapatan jalan.

Namun patut diperhatikan. Mendekati lokasi SPBU akan mengurangi jumlah penjualan. Hal ini karena harga di SPBU jauh lebih murah daripada di pertamini. Jangan spelekan perbedaan harga yang tipis. Karena pasti pemilik kendaraan lebih memilih untuk mengisi di SPBU walaupun selisihnya kecil.

2. Menyeragamkan Harga Pasar

Dalam hal harga, strategi penjualan yang dilakukan sebenarnya hanya bisa dilakukan dengan penaikan harga jual. Hal ini karena keuntungan yang diperoleh bisa dibilang kecil. Kalau anda bermain untuk memenangkan persaingan dengan cara menurunkan harga, justru langkah yang anda lakukan dianggap konyol. Namun kalau menaikan harga lebih tinggi dari pesaing, tentu akan dikalahkan pesaing. Cara terbaik tetap menyeragamkan dengan harga pasar.

Menyeragamkan dengan harga pasar dianggap langkah yang cukup efektif dalam kestabilan persaingan. Di sini tidak ada yang menang dan juga kalah, semua memiliki jatah konsumen.

3. Area Parkir Kendaraan Untuk Kelancaran Usaha Pertamini

Kendaraan bermotor apa ya yang mau anda target? Apakah hanya kendaraan bermotor roda dua atau semua kendaraan bermotor? Hal ini yang akan menentukan area parkir. Ketika hanya menarget kendaraan roda dua, maka hanya membutuhkan area parkir yang cukup untuk tiga baris kendaraan. Namun bila disertai roda empat, maka harus diperluas lagi area parkirnya.

Memberikan area parkir sesuai jenis kendaraan pun bergantung kapasitas bensin yang dijual. Biasanya pertamini hanya menyediakan tampungan bensin yang sedikit. Dengan begini, anda bisa memutuskan bahwa target market yang utama adalah untuk kendaraan roda dua. Sehingga anda hanya membutuhkan area parkir yang tidak terlalu luas. Kalaupun ada roda empat yang membutuhkan bensin, itu hanya sampingan saja.

4. Memberikan Pelayanan Yang Profesional

Layaknya para pegawai di SPBU yang ramah melayani pembeli. Pertamini pun mengharuskan meniru gaya pelayanan para pegawai SPBU. Memberikan pelayanan yang profesional, dalam arti mementingkan kenyamanan, keamanan dan kesenangan konsumen jauh lebih diunggulkan. Hal ini akan memberikan potensi berlangganan. Biasanya orang berlangganan membeli sesuatu karena sudah menemukan tempat yang cocok walaupun sama saja dengan penjual yang lainnya. Ketika awal perkenalan atau pembelian diberikan pelayanan yang baik, maka bisa berpotensi membekas secara otomatis di hati konsumen yang pada ujungnya akan menjadi tempat untuk berlangganan.

Hal yang terbaik mungkin menyediakan pekerja khusus yang bisa berbicara lembut, sopan dan bermuka ramah. Namun persoalan keuntungan masih menjadi syarat wajib bila mau mempekerjakan orang lain yang pandai melayani. Namun sepertinya pelayanan sederhana tanpa pekerja khusus sudah cukup memberikan potensi penjualan yang bagus.

5. Variasikan Penjualan Bensin Bersama Penjualan lainnya

Hal ini menyangkut tingkat keuntungan usaha pertamini dan kaitannya dengan biaya kontrak tempat. Tidak mungkin kan anda mengandalkan jalan sebagai tempat penjualan bensin? Pastinya harus membangun tempat khusus agar bisa terjaga ketika musim hujan tiba. Memang ada penjual bensin yang mengandalkan jalan, yang tentunya bisa berpotensi terkena hujan. Bila mengandalkan halaman depat kios, tentunya harus mengeluarkan biaya sewa tiap bulannya. Kalau hanya mengandalkan keuntungan dari penjualan bensin, maka membutuhkan penjualan yang banyak.

Misal keuntungan penjualan bensin per liter sekitar 1000,-. Namun anda hanya mendapat penjualan sekitar 30 kendaraan saja. Anda hanya memeperoleh keuntungan sekitar 30.000/hari atau 900.000/bulan. Sedangkan biaya kontrak kios sekitar 500.000. Lah, kalau hanya mengandalkan penjualan bensin, anda hanya mendapat 400.000,-, itu pun masih dikurangi pengembalian modal.

Maka dari itu, anda bisa membuka usaha pelengkap. Bisa jadi anda membuka usaha bengkel motor, cuci sepeda atau jualan suku cadang  karena lebih tepat sebagai teman usaha pertamini.

Apakah mau memanfaatkan peluang usaha pertamini? Pastikan bahwa permodalan anda mencukupi. Modal kecil keuntungan pun kecil karena menyangkut belanja bensin yang anda lakukan. Namun bila usaha pertamini diurus dengan serius, baik dalam teknik dan strategi, maka akan bisa menghasilkan keuntungan yang besar.
Baca Juga : Contoh Usaha Rumahan Yang Cepat Balik Modal
Pastikan juga bahwa berjualan bensin ala SPBU jangan di tempat yang ada penjualan bensin botol. Harus mengerti bahwa mereka pun layak mencari keuntungan. Kalau pun memang harus bersaing, lakukan dengan cara yang sehat. Bagaimanapun juga rezeki sudah ada yang mengatur. Cukup sekian yang dapat kami bagikan di kesempatan kali ini, semoga bermanfaat informasi seputar Peluang Usaha Pertamini Menguntungkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Peluang Usaha Pertamini, Jualan Bensin Eceran Menjanjikan