Informasi Seputar Contoh Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil, Contoh Peluang Bisnis Waralaba Terbaik Serta Tips dan Trik Sukses Menjadi Seorang Wirausaha.

Tips Memilih Bisnis Waralaba Dengan Modal Kecil Pemula

Tips Memilih Bisnis Waralaba Dengan Modal Kecil
Tips Bisnis Waralaba Modal Kecil - Bagi pemula yang ingin berbisnis bisa memilih bisnis waralaba dengan modal kecil. Dengan langkah kecil, biasanya ada kemudahan mempelajari sistem. Jangan salah, bila sudah berlabel waralaba, pastinya si pemilik memiliki sistem tersendiri yang bisa dipelajari oleh si pembeli waralaba. Bisnis waralaba modal kecil pun bisa dipilih untuk pemula yang memiliki keterbatasan modal, mengingat skala bisnisnya memang untuk kelas kecil. Yang pasti, solusi membeli waralaba bisa anda masukkan dalam daftar bisnis anda.

Sepertinya banyak orang berpikiran bahwa dengan membeli waralaba, maka bisnisnya anti bangkrut karena dikelola oleh pemilik utama waralaba. Namun pemikiran seperti itu memang salah. Bisnis waralaba hanya mempermudah dalam menjalankan bisnis karena sudah ada sistem yang mengaturnya. Resiko kerugian, kebangkrutan, masalah bisnis lainnya tetap bisa dialami oleh pembeli atau pemilik waralaba.

Untuk itu, memilih bisnis waralaba memang penting diperhatikan, baik dalam segi pasar atau produk. Tidak semua jenis bisnis waralaba diterima oleh pasar walaupun anda menyukai setengah mati produk waralabanya. Bergantung kondisi pasar yang menentukan cocok atau tidaknya membeli jenis waralaba.

Seperti apa memilih bisnis waralaba yang tepat? Seperti misalnya anda membeli waralaba “ayam krispi”. Anda berniat berjualan ayam krispi di depan perkantoran yang rata-rata konsumen adalah para pekerja. Apakah ayam krispi anda akan laku? Terjual memang bisa, tetapi belum tentu laku. Mengapa? Karena pasar ayam krispi bukan untuk kalangan para pekerja. Kalau mau target yang tepat untuk ayam krispi, bisa menarget tempat umum yang ramai dengan berbagai kalangan seperti mal. Hal itu karena rata-rata orang menginginkan makanan yang ringan-ringan.

Lalu bagaimana tips praktis secara komplit dalam memilih bisnis waralaba modal kecil namun tepat dalam menempatkan bisnisnya agar menghasilkan keuntungan? Berikut tips membangun bisnis sukses untuk pemula bermodal kecil dalam wadah waralaba:

Tips Memilih Bisnis Waralaba Modal Kecil


1. Pilih Bisnis Waralaba Berdasarkan Kemudahan

Apakah tidak harus memilih bisnis waralaba berdasarkan minat? Untuk apa ada minat bila sudah ditangani orang lain? Memiliki minat pada bisnis hanya berlaku bila anda yang berjuang membangun bisnis mulai dari nol. Membangun bisnis memang menyulitkan sehingga membutuhkan motivasi berupa passion. Namun ketika anda hanya membeli sistem bisnis, yakni waralaba, untuk apa memiliki minat dan berjiwa bisnis? Semua serba tinggal “klik”, jalan.

Namun untuk bisa “klik”, membutuhkan pemahaman terlebih dahulu. Semua bisnis harus dipelajari, apalagi mempelajari bisnis yang dikelola orang lain. Bila tidak dipelajari, bagaimana mau memulai bisnis waralabanya? Kesulitan memahami sistem bisnis waralaba juga bergantung dengan jenis waralabanya.

Namun, bisnis waralaba dengan modal kecil biasanya tidak membutuhkan pemahaman yang mendalam. Hal yang perlu diperhatikan adalah, apakah pengelolaannya bisa dengan mudah dikerjakan oleh orang lain? Bila anda berniat membeli waralaba untuk dikerjakan orang lain, maka harus memperhatikan kemudahan dalam pengelolaannya. Misal waralaba bakso. Apakah bisa orang lain mengelolanya? Seperti yang anda lihat, membutuhkan skill khusus hanya untuk meracik bakso. Memang sistem waralaba sudah memberikan panduannya. Tetapi, apakah orang lain bisa mengelola racikan baksonya? Bila penjelasan yang diberikan pihak pemilik waralaba menyulitkan orang lain, tentunya akan sulit juga menjalankannya.

Memilih usaha waralaba berdasarkan kemudahan juga harus dilihat dalam suplay produk. Bila sampai membutuhkan produk ke pemilik utama, sepertu suplai bakso, apakah jangkauannya mudah? Maka di sini harus memperhatikan lokasi si pemilik waralaba. Biasanya ada lokasi utama untuk suplai produk. Bila dalam suplai produk berpotensi mengalami kendala, baik kondisi atau lokasi, lebih baik memilih waralaba yang lain.

2. Kenali Surat Legalitas Bisnis Waralaba Yang Akan Dipilih

Jangan sampai lengah dalam hal ini. Bisa saja anda terperdaya oleh sistem dan keuntungan sehingga anda tidak memperhatikan legalitas atau tidak jeli memperhatikan keaslian legalitas. Memiliki legalitas suatu bisnis waralaba memang penting, apalagi waralaba yang memiliki bangunan statis. Tanpa legalitas bangunan, bisa saja lokasi waralaba anda akan tergusur di kemudian hari. Tanpa ada legalitas dari BPOM, bisa saja waralaba anda terbukti memakai bahan-bahan yang tidak menyehatkan. Tanpa legalitas dari MUI, bisa saja makanan atau minuman dianggap tidak halal. Intinya harus benar-benar memperhatikan legalitas surat izin mendirikan waralaba.

Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke ahli hukum yang mengurusi dalam hal perdagangan bila mau menarget waralaba yang besar. Namun, bila waralaba yang anda pilih sudah terjamin karena banyak orang-orang yang mendidirkan dengan aman-aman saja selama lebih dari 5 tahun, maka tandanya bahwa ada surat legalitasnya. Namun tetap memperhatikan, bisa saja legal dalam segi kesehatan namun tidak legal dalam segi kehalalan. Contoh minuman tertentu yang ternyata legal di BPOM, tetapi tidak ada surat kehalalan dari MUI alias haram (ini untuk pembeli waralaba dari kalangan muslim)

3. Memilih Bisnis Waralaba Berdasarkan Kondisi Pasar

Untuk pembahasan ini, sama dengan membangun bisnis pada umumnya. Harus memperhatikan kondisi pasar sebelum memilih jenis bisnis yang akan dibangunnya. Anda bisa membaca artikel “Peluang Usaha Menguntungkan Yang Minim Persaingan”. Dalam artikel tersebut bisa sebagai gambaran dalam menentukan pilihan pada waralaba yang akan dibeli.

Biasanya, pemilik waralaba sudah mengarahkan mengenai kondisi pasar yang cocok untuk ditempati bangunan waralaba. Namun anda bisa mendapat pengarahan bila memilih jenis waralaba tertentu yang hak usaha dihargai mahal. Mengingat, tim dari pemilik waralaba sendiri yang menentukan kondisi bangunan waralaba.

Hal paling simpel dalam memilih waralaba berdasarkan kondisi pasar adalah yang bisa menarget daerah perkotaan (tiap daerah memiliki wilayah kota), yang sebagai tempat untuk perkumpulan. Biasanya berada di jalan raya adalah tempat yang tepat untuk penentuan bangunan waralaba. Anda perlu lihat, bagaimana kondisi pasar di tempat tersebut yang akan dijadikan bangunan waralaba anda. Apakah akan diterima produk waralabanya? Bisa cek beberapa jenis produk di area tersebut.

4. Pilih Waralaba Yang Memiliki Sistem Marketing Terbaik

Di sini tidak sedang menguji daya analisis anda mengenai sistem marketing yang diterapkan pihak pemilik waralaba. Namun yang patut diperhatikan adalah seberapa populer waralaba yang akan anda pilih?Ingat! Mendirikan waralaba atau membangun sendiri, biaya marketing tetap sama. Bila kurang populer, maka anda membutuhkan biaya tambahan untuk mempopulerkan.

Siapa yang tidak kenal Carefur atau Giant? Bila tidak diiklankan di televisi, tidak ada orang yang kenal Giant. Hal ini karena letaknya jauh dari jangkauan. Ketika diiklankan seputar diskon-diskonnya, maka secara serentak bisa diketahui banyak orang. Lantas,  orang berniat berbelanja.

Siapa yang tidak kenal Kebab Turki Baba Rafi? Hal ini karena owner selalu aktif memperkenalkan waralaba kebabnya, baik sekedar testimoni dalam buku atau yang lainnya. Keunggulan marketing ada di waralaba ini.

5. Pilih Waralaba Yang Terbaru Yang Terbaik

Bila mau memilih waralaba yang belum dikenal banyak orang, lebih baik memilih waralaba yang baru didirikan sebelum 2 tahun. Syarat yang paling mutlak diperlukan adalah memiliki keunikan, kualitas bisnis yang bagus dan sistem yang mudah dijalankan. Pada intinya sebagai pesaing baru untuk waralaba yang lama yang belum memiliki nama populer.

Suka-suka anda dalam memilih bisnis waralaba, baik berdasarkan passion atau tidak. Hal penting adalah waralaba bisa sebagai mesin uang yang akan secara otomatis menghasilkan uang untuk anda. Waralaba bukan menjadikan anda sebagai pekerja walaupun bisa saja anda melakukannya untuk waralaba kelas kecil. Terpenting, anda bisa memilih banyak waralaba untuk menguasai banyak sistem dan membangun waralaba versi anda.
Baca Juga : Analisa Modal Usaha Kolam Pemancingan Ikan Menjanjikan
Itulah sedikit ulasan tentang usaha waralaba yang dapat kami bagikan kepada pembaca, semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk share artikel ini dan terimaksih sudah membaca ulasan Tips Memilih Waralaba Modal Kecil.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memilih Bisnis Waralaba Dengan Modal Kecil Pemula