Informasi Seputar Contoh Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil, Contoh Peluang Bisnis Waralaba Terbaik Serta Tips dan Trik Sukses Menjadi Seorang Wirausaha.

Bingung Bisnis Apa? Ini Dia Tips Cara Memulainya

Bingung Bisnis Apa? Ini Dia Tips Cara Memulainya
Bingung Memulai Bisnis Apa? - Banyak orang yang ingin berbisnis tetapi bingung bisnis apa yang harus dilakukan pertama kali. Salah satu faktor yang membuat bingung adalah mental yang masih belum terlatih untuk menghadapi perjalanan bisnis. Kesulitan lainnya adalah skill bisnis yang belum terlatih. Berbisnis harus banyak mikir karena prinsip “dapur ngepul” harus tetap berjalan. Bisa sih, bisnis tanpa mikir. Cuma, apakah bisnis hanya sekedar jualan? Maka karena ada proses pengembangan, banyak orang yang kebingungan memulai bisnis, baik terhambat masalah mental atau skill.

Masih bingung mau bisnis apa? Bila masih bingung, di sini kemungkinan besar anda tidak akan bingung lagi dalam memulai bisnis, baik karena halangan mental atau skill. Terpenting anda mau memulai proses walaupun dalam jangka waktu yang lama. Itu saja. Bila tidak mau berproses, lebih baik ambil bantal, lalu tidur, bermimpi menjadi orang kaya. Segala hal yang berhubungan dengan penghasilan, perlu proses walau pun dengan cara “mengemis”. Catat baik-baik, biar tidak lupa. Jadi, kalau mau memulai bisnis, anda harus mau berproses.

Bagaimana awal memulai proses dalam menjalani bisnis? Bagi yang masih bingung bisnis apa, silahkan baca dengan teliti pembahasan bermanfaat di bawah ini agar tidak bingung lagi.

Tips Memulai Bisnis Agar Tidak Bingung


Membangun Sarana Marketing Online

Jangankan memikirkan bisnis, memikirkan sarana marketing online pun sulit. Pasti anda akan bertanya, “Bagaimana membangun sarana marketing online-nya?” Banyak bisnis yang mengharuskan membutuhkan sarana atau media marketing. Kalau sekedar jualan kecil-kecilan, anda tidak membutuhkan sarana marketing. Tapi kalau mau berkembang maju pada bisnis yang anda bangun, penting memiliki sarana marketing.

Sebelum menjawab pertanyaan anda, apakah anda mau membangun bisnis yang terus berproses menuju kesuksesan yang besar atau minimal sukses skala sedang? Bila mau, anda silahkan membacaa lebih lanjut.

Bagaimana membangun sarana marketing online? Kenapa harus online? Bukankah sarana online hanya untuk bisnis online? Bagaimana kalau tidak suka berbisnis online? Sarana online bukan berarti harus untuk bisnis online dan tidak harus menyukai bisnis secara online. Membangun sarana marketing online justru untuk memudahkan memperkenalkan bisnis offline anda yang menyempil di plosok desa. Dengan mengandalkan Facebook, anda bisa memperkenalkan bisnis anda sesuai target kota.

Untuk membangun sarana marketing online, memang bergantung jenis produk atau jasa-nya. Kali ini akan menggunakan contoh produk yang paling simpel untuk berbisnis yakni “pulsa elektrik”. Walaupun agak basi bila menyangkut produk pulsa, tetapi sangat tepat bila dibahas untuk belajar memulai bisnis. Lalu bagaimana sarana atau media marketing online-nya?

1. Bangun Blog
Membangun blog sangat penting untuk menghimpun pengunjung secara otomatis. Bila blog untuk sarana marketing pulsa, maka harus membuat blog yang bertema campuran. Mengapa bertema campuran? Karena target market pulsa berasal dari berbagai orang, campuran. Jadi, sangat tepat bila membangun blog yang bertema campuran.

2. Membuat Fanspage Facebook
Penting sekali memiliki halaman facebook atau biasa disebut fanspage. Mengapa penting? Untuk kebutuhan mengiklankan produk atau blog dengan target kota. Mengapa tidak menggunakan Google Ads? Google Ads bisa masuk sebagai sarana marketing target kota. Namun kalau ingin beriklan di Facebook Ads, syaratnya harus memiliki fanspage terlebih dahulu.

3. Buat Blog Sebagai Sarana Iklan Online
Mengapa harus membuat sarana iklan? Buat membuka jasa iklan. Penting sekali memiliki desain website yang cocok untuk membuka jasa iklan.

Mengapa harus membuat sarana iklan untuk membuka jasa iklan? Tujuannya untuk menyemangati anda karena blog yang dibangun bukan hanya untuk kepentingan marketing produk anda, khususnya pulsa tetapi juga produk orang lain. Biasanya semangatnya kendur bila tidak ada rencana mengenai variasi sumber penghasilan. Juga, untuk menilai, apakah sarana marketing alias blog anda laku atau tidak? Bila laku, potensi bisnis pulsa dan yang lainnya juga kemungkinan bisa laku karena kunjungan harian melimpah. Bila sudah berjalan bisnis anda dan menghasilkan keuntungan, boleh menutup jasa iklannya.

Merencanakan Membangun Tim Bisnis

Pada dasarnya, memikirkan mengenai membangun tim bisnis sudah harus dilakukan ketika awal membuat sarana marketing yakni dalam hal blogging terutama dalam pembuatan teknis blog dan artikel. Namun dibahas secara terpisah agar pembahasan memulai bisnis memang untuk pemula yang ingin memiliki bisnis yang menghasilkan kekayaan. Bila menyangkut kaya dari bisnis, memiliki tim bisnis memang wajib.

1. Karyawan
Untuk bisnis kelas pulsa dan sejenisnya, tidak membutuhkan karyawan yang banyak. Cukup satu saja yang akan bertugas melayani konsumen, cek pembayaran, belanja pulsa, mengurusi berbagai operasional lainnya. Bila masih sulit mencari karyawan, bisa mengandalkan saudara anda sendiri. Intinya mengandalkan karyawan yang bisa dipercaya.

Pada awal menjalankan bisnis pulsa, anda sendiri bisa menjadi karyawan. Nantinya anda membutuhkan karyawan bila sudah kewalahan dalam melayani penjualan per harinya yang terus meningkat. Atau memang jika anda sibuk dengan pekerjaan lain. Namun selama belum kewalahan melayani karyawan dan masih santai-santai, ada baiknya anda sendiri karyawannya. Jika memang membutuhkan karyawan ekternal, cukup karyawan sebagai penulis artikel saja.

2. Marketer
Tim marketer berguna untuk membantu dalam penjualan pulsa. Syaratnya penjualan pulsa tentu harus lebih besar. Kalau ingin menjadi pengusaha pulsa yang kaya, maka jangan sekelas reseller. Harus membuka bisnis pulsa kelas grosir yang akan menaungi pasokan pulsa para reseller. Nah, untuk memudahkan membangun resseller, anda bisa bekerjasama dengan para marketer.

Bagaimana caranya bahwa si marketer mendapat penjualan? Bukankah sulit? Mungkin anda akan menduga bahwa si marketer akan diberi pasokan saldo. Atau mungkin mengira bahwa si marketer akan menginfomasikan bahwa ada pembeli yang dihasilkan darinya. Namun perkiraan itu salah. Yang harus dilakukan marketer hanya memarketingkan produk saja dengan mengandalkan fanspage sebagai kontak pemesanan yang terhubung dengan tim anda yakni karyawan. Nantinya si karyawan yang akan mengurus segala komunikasi dan transaksi. Tugas marketer hanya memarketingkan produk bukan jadi pekerja.

Bisa dikatakan dalam hal ini anda membuka program affiliate penjualan pulsa. Syaratnya harus secara online dan membuat fanspage per marketer agar bisa mengetahui data transaksi dengan mudah secara online.

Kembangkan Bisnis Baru, Itu Lebih Baik

Masih menggunakan sarana marketing yang sudah anda buat sebagai sarana pertama untuk bisnis baru anda. Bisnis baru yang seperti apa? Tidak perlu susah-susah melangkah. Cukup membangun bisnis yang ada kaitannya dengan pulsa. Paling tepat adalah bisnis handphone dan tablet. Kedua itu sebagai bisnis baru anda yang bisa jadi sebagai strategi marketing penjualan pulsa. Ketika orang membeli handphone, potensi penjualan cuma sekali. Namun ketika penjualan handphone sebagai strategi penjualan pulsa, maka pembelian yang dilakukan si pembeli beralih ke pulsa. Anda bisa mengatur sendiri bagaimana bisnis handphone bisa dijadikan strategi marketing.

Selain pulsa masih banyak bisnis lainnya, disini kami hanya memberikan gambaran saja dan mengaa kami memilih pulsa karena memang pulsa merupakan produk yang akhir-akhir ini sangat di butuhkan. Intinya bisnis apa saja selama halal dan anda mampu menjalankannya kenapa tidak?
Baca Juga : Tips Memilih Bisnis Waralaba Dengan Modal Kecil Pemula
Apakah masih berkeinginan menggunakan karyawan untuk bisnis baru? Tentunya masih, karena bisnis makin berkembang. Tetapi, apakah masih membutuhkan marketer untuk penjualan handphone? Itu terserah saja. Karena teknik program affiliate yang dihadirkan di atas masih menggunakan teknik yang sederhana, untuk pebisnis yang belum mapan dalam sistem bisnis. Namun kalau sudah memiliki bisnis yang mapan, anda bisa menggunakan tim marketer dengan menggunakan situs khusus yakni situs affiliate seperti Amazon.com bukan menggunakan fanspage. Nah itulah sekian referensi tentang bingung bisnis apa, ini tips memulainya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bingung Bisnis Apa? Ini Dia Tips Cara Memulainya