Informasi Seputar Contoh Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil, Contoh Peluang Bisnis Waralaba Terbaik Serta Tips dan Trik Sukses Menjadi Seorang Wirausaha.

Usaha Peternakan Hewan Yang Menguntungkan Bisa di Coba

Usaha Peternakan Hewan Yang Menguntungkan
Contoh Usaha Peternakan Menguntungkan kali ini merupakan ulasan yang akan penulis bagikan kepada para pembaca yang budiman. Dimana pada postingan kali ini penulis mengajak pembaca untuk mengetahui seluk beluk dan beberapa contoh usaha di bidang peternakan yang menjanjikan dan bisa di coba terutama bagi kita yang memiliki modal minim.

Sebenarnya usaha di bidang peternakan ini sudah cukup familiar dan sering kita jumpai di sekitar rumah kita. Bahkan bagi penduduk yang bermukim di desa, memiliki hewan ternak merupakan hal yang perlu, ya paling tidak ternak ayam kampung. Ini sesuai dengan fakta yang ada, memang masyarakat perdesaan sudah turun menurun memelihara aneka jenis hewan. Umumnya ternak ayam kampung, ternak kambing, ternak sapi dan juga kerbau.

Usaha peternakan sendiri sebenarnya tidak begitu rumit, dimana kita hanya perlu mencarikan makan, memberi makan, membersihkan hewan dan kandang. Yang tidak boleh terlewatkan ialah kesehatan dari hewan itu sendiri, apalagi hewan saat ini mudah sekali tertular penyakit.

Bagi pembaca yang memang ingin memulai usaha peternakan, hal yang pertama harus di siapkan tentu saja menentukan hewan apa yang ingin di ternak. Menentukan jenis hewan ternak kembali lagi ke sisi modal yang ada, prospek kedepannya, makanannya, perawatannya, lingkungannya dan pasarnya. Jika memang di daerah anda ternak hewan tersebut tepat maka tidak ada salahnya untuk di coba. Berikut ini beberapa contoh hewan yang bisa di ternak baik sebagai hewan hias atau sebagai hewan pedaging, lansung saja simak referensinya berikut ini.

4 Contoh Usaha Peternakan Yang Bisa di Coba


1. Usaha Hewan Hias

Contoh yang pertama ini tentu semua sudah tahu, jika saat ini hewan tidak hanya manfaatkan dagingnya. Namun juga banyak sekali jenis hewan yang di ternak sebagai hiasan dan teman sehari-hari. Hewan hias sendiri memang memiliki harga pasaran yang cukup tinggi dibandingkan dengan hewan pedaging.

Beberapa jenis hewan hias yang sangat marak di budidayakan ialah ternak kucing hias, ternak burung hias, ikan hias, kelinci hias dan masih banyak lagi. Rata-rata untuk makanan hewan hias sendiri sudah terjual dan mudah di dapatkan di toko-toko pakan hewan.

Sebelum anda masuk ke dalam usaha yang satu ini, jangan lupa pantau prospeknya. Jangan langsung memulai, lihat dahulu bagaimana peluangya. Apabila mendukung kenapa tidak?

2. Ternak/Budidaya Ikan Air Tawar

Permintaan ikan air tawar terus meningkat, mengingat kebutuhan pasar memang cukup tinggi. Alasannya tentu saja karena ikan air tawar sangat enak jika di masak sehingga tak heran jika rumah makan banyak yang menyajikan menu ikan air tawar sebagai menu andalannya. Banyak sekali ikan air tawar yang bisa di budidayakan, seperti contohnya ikan Gurame. Ikan yang satu ini sangat cocok apabila di budidayakan, selain harga jualnya yang tinggi, permintaan pasarnya juga tinggi. Sehingga tidak perlu takut ikan guramae tidak laku.

Selain ikan gurame juga masih banyak contoh ikan lainnya, seperti ikan lele, ikan bawal, ikan mujahir, ikan nila. Ada juga udang dan belut yang bisa di ternak dan di budidayakan. Bahkan selain menjual dalam ukuran dewasa, anda juga bisa menjual bibit ikan air tawar ini. Prospeknya memang cukup bagus baik tahun ini maupun tahun yang akan datang.

3. Ternak Ayam Pedaging

Permintaa daging ayam bisa di katakan yang paling tinggi dari pada jenis daging lainnya. Hampir semua rumah makan pasti menyajikan menu ayam sebagai menu andalannya. Baik itu rumah makan sederhana sampai restoran sekalipun. Ayam juga sering di konsumsi di rumah-rumah, karena mendapatkan ayam sendiri cukup mudah di pasaran.

Permintaan pasar dan harga jual yang tinggi bisa menjadi salah satu alasan mengapa harus berbisnis ayam pedaging. Namun ada beberapa kendala yang meneyebabkan kita tidak bisa memulai usaha yang satu ini. Salah satunya karena lokasi usaha yang tidak mendukung. Karena usaha ternak ayam bisa menimbulkan bau di radius sampai 100 meteran. Sehingga sangat tidak cocok di jalankan di lingkungan yang padat penduduk. Namun jika kita bisa mengolahnya hingga bau dari kotoran ayam tidak tersebar, tidak ada salahnya di coba meskipun di lingkungan padat penduduk sekalipun.

4. Budidaya Sapi dan Kambing

Antara sapi dan kambing bisa di katakan usaha ternak yang membutuhkan modal cukup besar, apalagi ternak sapi. Namun apabila usaha ternak kambing dengan jumlah 5 ekor saja, dengan modal 8-10 jutaan saja sudah bisa. Dengan catatan kita membeli kambing yang masih kecil, katakan yang masih berumur 6 bulanan.

Usaha kambing dan sapi kerap di jadikan usaha sampingan para penduduk di desa, mereka ada yang memiliki kambing dan sapi yang di ternak secara pribadi. Memang keuntungan yang di dapatkan tidak sebesar usaha peternakan kambing skala besar, namun jika harga daging sedang melonjak tinggi, keuntungan yang bisa di dapatkan juga cukup besar. Bahkan banyak orang yang bisa membeli sepeda motor dari hasil menjual kambing atau sapinya.
Baca Juga : Beberapa Usaha Dengan Modal Minim Yang Patut di Coba
Kami disini hanya memberikan 4 contoh saja, itu merupakan contoh secara umum. Selebihnya pembaca bisa mencari sendiri mana hewan yang pas untuk di ternak. Selama ada kemamuan pasti ada jalan untuk sukses, semoga saja bermanfaat. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada orang lain yang membutuhkan melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih sudah membaca Bisnis Peternakan Hewan Menguntungkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Usaha Peternakan Hewan Yang Menguntungkan Bisa di Coba