Informasi Seputar Contoh Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil, Contoh Peluang Bisnis Waralaba Terbaik Serta Tips dan Trik Sukses Menjadi Seorang Wirausaha.

Contoh Bisnis UKM di Bidang Makanan atau Kuliner

Contoh Bisnis UKM di Bidang Makanan atau Kuliner
Contoh Bisnis UKM di Bidang Kuliner - UKM atau Usaha Kecil Menengah merupakan jenis usaha yang masih dalam skala kecil sampai dengan menengah yang mana keuntungan dari usaha tersebut tidak lebih dari 200 juta. UKM sendiri menjadi penggerak perekonomian negara kita karena memang penyerapan tenaga kerja kebanyakan ke jenis usaha kecil menengah ini. Untuk saat ini sangat banyak contoh-contoh usaha yang masuk dalam kategori bisnis UKM. Bahkan semua usaha yang berjalan dengan keuntungan usaha yang masih kurang dari 200 juta bisa di sebut dengan bisnis UKM.

Bisnis UKM telah membawa dampak positif dalam perekonomian terutama dalam mengurangi angka pengangguran. Karena seseorang yang ingin memulai UKM ini harus mencari karyawan meskipun jumlahnya sangat sedikit. Intinya apabila banyak orang yang memulai bisnis UKM maka pengangguran di negara kita bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan yang pasti perekonomian Indonesia akan jauh lebih baik. Maka dari itu mari kita berwirausaha baik itu secara mandiri maupun bersama dengan orang lain.

Sangat banyak contoh dari usaha UKM yang bisa di jalankan di negara kita, salah satunya yang memiliki potensi sangat menjanjikan adalah bisnis UKM di bidang kuliner. Alasannya gampang, makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Sehingga selama manusia tersebut masih membutuhkan makanan, usaha yang berkaitan dengan makanan tidak akan pernah sepi.

Baiklah untuk mempercepat ke inti pembahasan, langsung saja kami bagikan beberapa contoh bisnis UKM kuliner menjanjikan berikut ini, kami memberikan 5 contoh saja bagi pembaca semua.

Contoh Bisnis UKM di Bidang Makanan atau Kuliner


1. Bisnis UKM Rumah Makan Sederhana

Memulai bisnis dan membangun rumah makan sederhana saja tergolong salah satu jenis bisnis UKM. Karena dengan mendirikan rumah makan maka kita membutuhkan karyawan. Tentu saja hal tersebut sangat baik. Kenapa harus rumah makan sederhana, kenapa tidak restoran saja? alasnnya di karenakan bisnis UKM merupakan jenis usaha kecil sampai menengah dan sebaiknya memulai usaha itu dari yang kecil-kecil terlebih dahulu. Karena mendirikan rumah makan sederhana saja di butuhkan dana puluhan juta, kalau restoran tentunya membutuhkan dana sampai ratusan juta bahkan lebih.

2. Bisnis UKM Produksi Cemilan dan Snack

Saat ini makanan ringan sangat di gemari semua orang, makanan ringan bisa juga di sebut dengan cemilan atau snack. Yang namanya makanan ringan jelas tidak mengenyangkan, karena memang makanan ringan di produksi sebagai teman ketika bersantai atau hidangan saat berkumpul dengan saudara. Saat ini prospek usaha cemilan atau snack sangat-sangat menjanjikan. Dimanapun kita berada pasti kita bisa dengan mudah mendapatkan cemilan karena memang hampir semua orang menyukai cemilan.

Anda bisa memproduksi aneka cemilan atau snack, sebagai awalan anda tidak harus mendirikan pabrik, anda bisa memulai dari rumah anda sendiri. Untuk cemilan yang bisa di produksi cukup bervariasi, mulai dari keripik, jajan, snack dan masih banyak lagi.

3. Binsis UKM Produksi Minuman/Ice Cream

Selain makanan padat dan makanan ringan, yang tidak boleh terlewatkan adalah minuman. Karena setelah makan tubuh pasti merasa kehausan dan membutuhkan minuman. Selain itu negara kita yang beriklim tropis terutama ketika musim kemarau memiliki suhu yang cukup panas dan terik. Siapa saja tahu jika saat-saat seperti itu yang paling enak adalah minum atau makan makanan yang dingin seperti Ice Cream. Jadi sekarang terserah anda, anda ingin memproduksi minuman jenis apa. Untuk contohnya sediri cukup banyak, seperti air mineral, teh, minuman buah, ice cream dan lain sebagainya.

4. Bisnis UKM Susu Kedelai

Salah satu contoh usaha UKM minuman yang memiliki prospek cemerlang saat ini adalah usaha susu kedelai. Susu kedelai adalah susu yang di buat menggunakan bahan dasar susu kedelai. Susu kedelai ini cukup menyehatkan karena mengandung banyak sekali protein. Bahkan anak-anak sangat di anjurkan mengonsumsi susu kedelai. Selain rasanya yang khas, susu kedelai di bandrol dengan harga yang lebih murah dari pada susu sapi murni.

Cara menjual susu kedelai pun bisa di jual dalam keadaan cair atau di jual dalam bentuk serbuk. Untuk bentuk cair sendiri tentu saja gampang basi, sedangkan bentuk serbuk bisa bertahan lama. Modal awal yang di butuhkan untuk memulai usaha ini tidaklah begitu besar karena memang kedelai harganya cukup terjangkau.

5. Bisnis UKM Tahu dan Tempe

Selain susu kedelai kita tidak boleh melupakan tahu dan tempe. Dua makanan tradisional yang sudah ada sejak lama ini memang masih menjadi primadona saat ini. Kita bisa menemukan tahu dan tempe dengan mudah di manapun kita berada. Karena memang kedua lauk tersebut cukup murah meriah dan memiliki kandungan gizi yang tinggi. Selain itu tahu dan tempe juga bisa di oleh menjadi aneka jenis makanan lain seperti misalnya gorengan. Namun yang perlu anda ketahui, tahu atau tempe yang paling di cari orang adalah tahu dan tempe dengan rasa yang enak dan tidak mengandung bahan kimia tambahan.

Dalam membuat tahu dan tempe sendiri memang di butuhkan ketilitian, kita harus banyak belajar agar menghasilkan tahu dan tempe dengan rasa yang enak dan berkualitas.
Baca Juga : Contoh Bisnis UKM Usaha Kecil Menengah Menjanjikan
Itulah bberapa contoh dari bisnis UKM di bidang kuliner yang bisa anda geluti. Selain contoh yang kami berikan di atas masih banyak contoh lainnya karena kuliner sendiri sifatnya sangat-sangat luas. Cukup sekian semoga saja apa yang kami bagikan bermanfaat, salam sukses dan terimakasih sudah membaca ulasan Contoh Bisnis UKM di Bidang Makanan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Bisnis UKM di Bidang Makanan atau Kuliner