Informasi Seputar Contoh Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil, Contoh Peluang Bisnis Waralaba Terbaik Serta Tips dan Trik Sukses Menjadi Seorang Wirausaha.

Tips Sukses Memulai Usaha Warnet Yang Harus di Ketahui

Tips Sukses Memulai Usaha Warnet - Usaha warnet atau bisnis warung internet ini memiliki prospek yang cukup cemerlang belakangan ini. Buktinya banyak warnet-warnet yang bermunculan di sekitar tempat tinggal kita. Tidak hanya di kota warnet berdiri, di desa juga sangat banyak usaha warnet, mulai dari skala kecil hingga skala besar. Mulai dari yang fasilitasnya lengkap hingga biasa saja.

Usaha warnet sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu, mungkin sekitar tahun 2007 ke atas usaha warnet mulai banyak di jalankan orang. Sedangkan di tahun ini dan tahun berikutnya, usaha warnet jelas lebih banyak yang menjalankannya. Memang benar apabila saat ini banyak orang yang sudah memiliki PC atau laptop sendiri, namun tidak semua terhubung ke Internet. Saat ingin mengakses internet atau mengerjakan tugas, mereka akan pergi ke warnet.

Tips Sukses Memulai Usaha Warnet Yang Harus di Ketahui

Warnet merupakan tempat umum, siapapun boleh ngenet selama  membayar biaya rental. Mulai dari anak-anak, pelajar, mahasiswa, dewasa, pekerja bahkan lansia juga tidak di larang pergi ke warnet. Melihat hal tersebut, usaha warnet memang memiliki target konsumen yang lengkap dan menjangkau semua umur.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dalam memulai usaha warnet. Jangan sampai anda salah langkah, karena kesalahan yang anda buat akan menjadi boomerang untuk anda sendiri di kemudian hari. Berikut ini beberapa tips sukses usaha warnet yang mungkin bermanfaat bagi anda yang membutuhkan informasinya, terutama bagi pemula yang ingin usaha warnet.

Tips Sukses Memulai Usaha Warnet Yang Harus di Ketahui


1. Lokasi Usaha Warnet

Lokasi menjadi faktor penentu suatu usaha termasuk usaha warnet. Terlebih usaha warnet memang membutuhkan lokasi yang strategis agar mudah di jangkau dan di temukan pelanggannya. Lokasi yang paling strategis tentu saja dekat dengan keramaian. Mulai dari dekat jalan raya, dekat dengan sekolah, dengan dengan kampus dan lokasi lainnya yang tergolong ramai.

2. Fasilitas Warnet

Saat memulai usaha warnet, pastinya anda harus memenuhi minimal beberapa fasilitas yang di butuhkan. Yang pertama tentu saja bangunan tempat usaha warnet berdiri. Selanjutnya adalah meja komputer, tempat duduk (baik menggunakan kursi maupun lesehan), kipas angin/AC, komputer dan perlengkapannya, lampu dan lain sebagainya yang ada kaitannya dengan usaha warnet.

Selain itu anda juga bisa memberikan fasilitas tambahan, dimana fasilitas ini juga bisa menambah pemasukkan anda, mulai dari fotocopy, menjual berbagai perlengkapan ATK, printer, makanan ringan, laminating, jualan keperluan komputer seperti mouse keyboard dan lain sebagainya.

3. Spesifikasi Komputer

Jangan menganggap remeh masalah spesifikasi komputer. Spesifikasi menentukan cepat tidaknya komputer tersebut. Tentunya semakin tinggi spesifikasi, semakin cepat pula kinerjanya. Namun semakin tinggi spesifikasi, harganya juga semakin mahal. Paling tidak untuk usaha warnet standar tanpa game online, anda harus menggunakan komputer dengan spesifikasi : Prosessor Dual-core, VGA 512 MB, RAM 1 GB, Hardisk 80 GB. Namun apabila warnet anda mendukung game online, anda harus membeli komputer dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari itu.

4. Kecepatan Akses Internet

Kecepatan akses internet juga penting, anda harus memperkirakan berapa kecepatan internet yang tepat untuk warnet anda. Sebagai contoh anda membuka usaha warnet dengan jumlah komputer 8 buah yang mana terdiri dari 1 komputer server (operator) dan 7 komputer client. Dan warnet tersebut di rencanakan mendukung game online. Melihat hal tersebut, paling tidak anda memasang internet dengan kecepatan lebih dari 1 Mbps/2 Mbps. Setiap daerah berbeda-beda dalam hal ini.

5. Cari Karyawan Yang Berkualitas

Usaha warnet juga memerlukan karyawan, karena tidak mungkin anda sebagai pemilii menjaga warnet dari pagi hingga malam hari. Belum lagi jika warnet tersebut buka selama 24 jam. Paling tidak ada harus mencari karyawan berjumlah 3 orang dan di bagi menjadi 3 shift, setiap shift sekitar 8 jam. Yang perlu anda perhatikan dalam mencari karyawan, carilah karyawan yang benar-benar berkualitas. Berkualitas bukan berarti karyawan tersebut lulusan SMA, S1, Diploma atau apa. Tetapi berkualitas meliputi pengetahuan tentang komputer, pelayanan yang prima, jujur, ulet dan tepat waktu.
Baca Juga : Contoh Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa Ketika Kuliah
Itulah beberapa hal yang dapat kami sajikan di kesempatan kali ini, apabila anda sudah siap dari segi modal dalam mendirikan usaha warnet, langsung saja dirikan usaha tersebut. Semoga berhasil dan salam sukses. Terimakasih sudah membaca ulasan Tips Sukses Memulai Usaha Warnet.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Sukses Memulai Usaha Warnet Yang Harus di Ketahui