Informasi Seputar Contoh Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil, Contoh Peluang Bisnis Waralaba Terbaik Serta Tips dan Trik Sukses Menjadi Seorang Wirausaha.

Tips Sukses Ternak Ayam Potong Dengan Modal Kecil

Tips Sukses Ternak Ayam Potong Dengan Modal Kecil
Tips Sukses Ternak Ayam Potong - Usaha bidang peternakan seperti usaha ayam potong saat ini memiliki prospek yang cemerlang. Bisnis yang satu ini sangat potensial untuk di jalankan terutama di lingkungan pedesaan. Usaha ayam potong akan lebih menghasilkan apabila skala usaha tersebut cukup besar. Namun bagi anda yang masih pemula tidak harus langsung memulai usaha ternak ayam skala besar, mulailah dengan skala kecil dengan modal yang kecil pula.

Usaha ternak ayam skala kecil bisa anda jadikan sebagai bisnis sampingan, karena usaha ternak ayam sejatinya tidaklah terlalu menghabiskan banyak waktu. Anda hanya perlu membersihkan kandang dan memberi makan setiap harinya. Namun apabila usaha ternak ayam skala besar tentu saja di perlukan waktu yang maksimal karena  anda harus mengurus ratusan hingga ribuan ayam.
Baca Juga : Peluang Usaha Ternak Ayam Potong Dengan Modal Kecil

Ayam potong merupakan jenis ayam yang di manfaatkan dagingnya. Ayam ini mampu tumbuh besar dengan cepat dan biasanya di jual ketika memiliki bobot antara 2-3 kg, tergantung permintaan pasar. Selain itu daging ayam memiliki harga yang stabil di pasaran, sekitar Rp. 20.000,-/kilo, bahkan lebih. Bagi anda yang ingin memulai usaha ternak ayam bisa membaca tips sukses ternak ayam potong berikut ini.

Tips Sukses Ternak Ayam Potong Modal Kecil


1. Persiapkan Kandang Yang Layak

Agar ayam tumbuh cepat dan sehat maka anda harus mempersiapkan kandang ayam yang layak. Karena bagaimanapun juga kandang merupakan hal utama yang harus di penuhi sebelum memulai usaha ini. Kriteria kandang yang baik sebagai berikut :

- Kandang memiliki ukuran yang sebanding dengan jumlah ayam, karena jika kandang terlalu kecil akan mengganggu pertumbuhan dari ayam itu sendiri.
- Usahakan kandang ayam tertutup dan memiliki ventilasi yang memadai. Ayam potong tidak tahan terhadap cuaca dingin, anda bisa menambah lampu pijar jika ingin ayam tetap hangat.
- Usahakan kandang ayam bersih. Agar mudah saat membersihkan kotoran ayam, anda bisa membuat lantai yang sedikit miring.
- Lengkapi perlengkapan yang di butuhkan, seperti tempat makan ayam, tempat minum, pembersih, sapu, tempat obat dan lain sebagainya.

Anda bisa menentukan sendiri kandang ayam yang tepat, yang penting ayam tersebut bisa tumbuh dengan sehat dan cepat.

2. Bibit Ayam

Apabila menyangkut bibit ayam maka anda harus mencari bibit ayam yang sehat. Bibit ayam yang sehat meliputi kelincahan, berat badan, ukuran, bulu, tidak ada cacat dan lain sebagainya. Sebaiknya anda membeli bibit ayam kepada penjual bibit ayam yang terpercaya di kalangan peternak ayam. Selain itu biasanya harga bibit ayam lebih murah.

3. Penuhi Gizi Ayam

Gizi meliputi pemberian makan, minum dan obat. Anda harus memberi makan, minum dan obat yang teratur. Sebaiknya anda bertanya kepada orang yang berpengalaman tentang pemberian gizi ayam agar mengetahui seluk beluk tentang gizi pada ayam.

4. Penjualan Ayam

Ada satu tips jika anda sudah mencapai tahap penjualan. Yakni jualah ayam atau panenlah ayam ketika harga ayam sedang naik. Panenlah semua ayam yang sudah saatnya untuk panen. Dengan begitu anda bisa mendapat keuntungan yang berlipat.

Ayam sendiri cukup mudah penjualannya, bahkan biasanya para tengkulak ayam potong akan datang langsung ke tempat anda untuk membeli ayam secara langsung. Selain itu anda juga bisa menjual sendiri ayam baik di pasar, pinggir jalan dan lain sebagainya.
Baca Juga : Usaha Jualan Es Di Bulan Ramadhan Dengan Modal Kecil
Itulah beberapa tips sukses usaha ayam potong, semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan informasinya. Cukup sekian dan terimakasih sudah membaca ulasan Ternak Ayam Potong Dengan Modal Kecil. Semoga berhasil dan salam sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Sukses Ternak Ayam Potong Dengan Modal Kecil